5 Jenis Makanan Penurun HipertensiKabar gembira nih untuk Anda para pengidap hipertensi. Pasalnya, tak hanya dengan mengandalkan obat Dokter saja, namun mengendalikan tekanan darah normal ternyata juga bisa dilakukan dengan mengantur pola makan harian Anda.

Benar sekali, ternyata makanan memang memiliki pengaruh yang cukup besar loh dalam membantu meningkatkan atau justru menurunkan tekanan darah di dalam tubuh Anda.

5 Jenis Makanan Penurun Hipertensi

5 Jenis Makanan Penurun Hipertensi

Faktanya, hasil sebuah penelitian oleh American Heart Associations’s Joint Hypertension 2018 Scientific Sessions menyatakan bahwa pengaturan pola makan yang tepat mampu menurunkan kebutuhan terhadap obat antihipertensi.

Jika memang benar demikian, lantas makanan jenis apa saja yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi tersebut ? Simak penjelasannya hingga akhir yu ?

Adapun makanan untuk menurunkan hipertesi diantaranya ialah termasuk :

  1. Delima

Selain mengandung antioksidan yang kuat, buah delima juga menjadi salah satu makanan untuk yang sangat sehat untuk Anda penderita hipertensi.

Ya, delima adalah salah satu buah yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang sangat kuat. Selain itu buah kemerahan ini juga dibekali dengan banyak nutrisi dan manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan.

Dan salah satu khasiatnya ialah untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dibuktikan dengan salah satu riset Clinical Nutrion yang menyebutkan bahw jus delima terbukti dapat membantu menurunkan tekanan sistolik darah hingga 21%.

Selain itu, hasil penelitian Phytotherapy Research juga mengungkapkan bahwa 21 penderita hipertensi yang diberikan jus delima dalam 2 minggu mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan.

Sementara kandungan antioksidannya yang sangat tinggi sangat bermanfaat untuk membantu menghalau dampak buruk dari radikal bebas yang memicu masalah pada sirkulasi darah sehat.

  1. Sayuran Hijau

Jenis makanan untuk menurunkan hipertensi selanjutnya ialah sayuran. Pasalnya, sayuran hijau memiliki kandungan senyawa nitrat anorganik yang terbukti dapat membantu melemaskan dinding pembuluh darah.

Karena ketika pembuluh darah yang rileks maka ia akan mempromosikan tekanan darah yang stabil.

  1. Gandum Utuh

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada American Journal of Clinical Nutrition tahun 2010 menunjukan fakta bahwa gandum utuh memiliki peranan yang cukup penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi pada lansia.

Terlepas dari itu, sebuah penelitian lain juga menunjukkan babhwa rutin mengonsumsi gandum pada setiap harinya akan berdampak pada penurunan tekanan darah hingga 73%.

  1. Minyak Ikan

Selain baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung, ternyata minyak ikan juga memiliki manfaat yang lebih banyak untuk kesehatan lainnya termasuk salah satunya ialah untuk mencegah hipertensi.

Hal ini, terkait dengan kandungan asam lemak omega 3 yang ditemukan pada minyak ikan.

  1. Produk Susu

Masih percaya kalo susu tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi ? Memang benar, produk susu dengan kandungan lemak tinggi memang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Namun, susu yang rendah lemak justru memiliki manfaat yang luar biasa untuk membantu menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh.

Nah, itulah 5 jenis makanan untuk membantu menurunkan hipertensi di dalam tubuh Anda. Terimakasih telah membaca hingga akhir, semoga bemanfaat dan salam sehat.

Apakah Anda termasuk orang yang ingin sembuh dari penyakit hipertensi untuk selamanya ? Yuk intip caranya dengan => KLIK DISINI

Posted by : ranahsehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *