Penyebab Asam Urat Pada Usia Muda – Penyakit asam urat atau gout biasa menyerang orang yang sudah lanjut usia. Tetapi, tidak menutup kemungkinan asam urat juga banyak ditemui pada usia muda.

Kaitan antara penyakit asam urat dan usia muda telah dibuktikan lewat studi yang dilakukan oleh Luke Mintz, bahwa generasi milenial usia 20-30 tahun sekarang sudah banyak yang terkena penyakit asam urat.

Selain itu, studi lain di Inggris juga mengemukakan bahwa sejak tahun 2012 kasus, kasus penyakit asam urat pada usia muda tercatat meningkat sekitar 30 persen. Menurut beberapa studi menyebutkan jika penyebab utama timbulnya penyakit asam urat pada usia muda adalah karena faktor genetik dan pola makan.

Faktor genetik menjadi penyebab yang paling dominan pada generasi muda. Oleh sebab itu, jika salah satu atau kedua orang tua mempunyai riwayat penyakit asam urat, maka hal tersebut juga beresiko tinggi terjadi pada Anda dibanding orang-orang yang dalam keluarganya tidak ada riwayat asam urat.

Selain faktor genetik, pola makan juga turut berkontribusi atas terjadinya asam urat pada usia muda. Banyak generasi milenial yang menganggap jika mereka tidak bisa terkena asam urat karena usia yang masih muda. Sehingga itulah yang membuat mereka cenderung tidak memperhatikan pola makan.

Kebanyakan pola makan mereka dipenuhi dengan makanan tinggi purin, seperti seafood, daging merah, dan jeroan. Apalagi, biasanya setelah mengkonsumsi jenis makanan tersebut tidak diimbangi dengan asupan serat yang memadai. Padahal, fungsi serat sendiri bisa membantu melancarkan proses metabolisme tubuh.

Akan tetapi, bicara tentang asam urat, tidaak semua sayuran itu baik untuk penderita asam urat. Ada beberapa sayuran yang sebaiknya tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat seperti asparagus, lentil, bayam, kembang kol, dan kacang-kacangan.

Pola makan tidak sehat juga bisa mengakibatkan obesitas pada generasi milenial. Nah, mereka yang sudah mengalami obesitias, penumpukan kristal asam urat dalam tubuh menjadi lebih mudah.

Penyakit asam urat ini memang banyak diketahui sebagai penyakit usia lanjut. Meski demikian, penyakit ini juga mulai banyak dialami oleh usia yang lebih muda, tidak terkecuali pada generasi milenial.

Oleh sebab itu, mulai sekarang yuk lebih memperhatikan pola makan serta hidup lebih sehat agar bebas nyeri sendi dan komplikasinya akibat asam urat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *