6 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi AlamiTubuh sebenarnya memerlukan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat. Hanya saja, kadar kolesterol yang terlampau tinggi justru bisa mengakibatkan pembentukan plak yang bisa menyumbat pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kronis lainnya.

Siapa pun tidak ada yang mau kadar kolesterol dalam tubuhnya tinggi. Sebisa mungkin dan lewat berbagai cara, Anda harus menurunkan kadar kolesterol jika sudah melewati batas. Nah kabar baiknya, ada beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Apa sajakah itu ?

1.Buah dan Beri

Buah-buahan adalah salah satu makanan yang baik untuk jantung yang sehat karena beberapa alasan. Alasan yang pertama karena ada berbagai jenis buah yang kaya akan serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

Buah-buahan, seperti apel, anggur, jeruk, dan stroberi mengandung pektin atau sejenis serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen. Selain itu, buah juga mengandung senyawa bioaktif yang mampu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lain karena kandungan antioksidan dan efek anti-inflamasi di dalamnya.

2.Cokelat Hitam dan Cokelat

Penelitian telah memverifikasi bahwa cokelat hitam dan kakao bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, cokelat hitam dan cokelat juga bisa melindungi kolesterol jahat dari proses oksidasi yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

3.Bawang Putih

Tidak hanya sebagai bahan masakan saja, bawang putih juga telah banyak digunakan orang sebagai obat sejak zaman dulu. Hal itu karena bawang putih mengandung senyawa tanaman kuat, seperti allicin yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Anda bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung untuk mendapatkan manfaat tersebut.

4.Kedelai

Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sebuah analisis dari 35 studi menunjukkan bahwa kedelai terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat dan total kolesterol, serta bisa meningkatkan kolesterol baik.

Jadi, Anda dapat mengonsumsi makanan olahan kedelai, seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai dan lainnya sebanyak 25 gram dalam sehari untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi.

5.Sayur-sayuran

Sayur-sayuran juga merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Jenis makanan ini kaya akan kandungan serat dan antioksidan, serta rendah kalori yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Beberapa sayuran, seperti okra, terong, wortel dan kentang, kaya akan kandungan pektin atau serat larut yang bisa menurunkan kolesterol. Sayuran juga menghasilkan berbagai jenis senyawa tanaman yang bermanfaat untuk memberi perlindungan terhadap penyakit jantung.

6.Minyak Zaitun Extra Virgin

Minyak zaitun extra virgin merupakan bagian penting dari makanan mediterania yang bisa menyehatkan jantung. Berkat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, minyak zaitun bisa membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol buruk.

Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol di mana di antaranya bisa mengurangi peradangan yang dapat memicu penyakit jantung. Anda bisa mengonsumsi minyak zaitun extra virgin sebanyak 4 sendok makan atau sekitar 60 mililiter dalam sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

Agar kolesterol Anda tetap terkontrol, lakukan juga tes kolesterol secara berkala sesuai anjuran dokter. Selain itu, terapkan pola hidup sehat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mempertahankannya dalam batas normal, agar terhindar dari bahaya kolesterol tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *