Kebiasaan Buruk Pemicu Kolesterol Tinggi – Kolesterol dalam kadar normal memang diperlukan oleh tubuh. Tapi, jika kadar kolesterol darah tinggi bisa mengakibatkan penyakit yang fatal, seperti darah tinggi, diabetes, jantung, dan stroke. Lantas, kebiasaan buruk apa yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi ?

Kolesterol tinggi tidak memberikan tanda dan gejala apapun. Biasanya tanda dan gejala muncul saat kolesterol tinggi sudah mengakibatkan penyakit pada tubuh. Kemungkinan seseorang mempunyai kolesterol tinggi juga dipengaruhi oleh riwayat keluarga.

Jika orang tuga mempunyai kolesterol tinggi, Anda mempunyai kemungkinan 2 kali lebih besar untuk menderita kolesterol. Tapi, kolesterol tinggi lebih dipengaruhi oleh faktor gaya hidup. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang bisa mengakibatkan kolesterol tinggi.

  • Kebiasaan Makan Sehari-hari

Kualitas serta kuantitas dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari merupakan faktor penentu terbesar dari kadar kolesterol. Sering mengkonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi seperti daging merah, jeroan, makanan laut, produk susu dan makanan olahan serta cepat saji bisa mengakibatkan tingginya kolesterol jahat.

  • Gaya Hidup Sedentari

Gaya hidup kurang aktif bergerak disebut gaya hidup sedentari. Saat Anda kurang aktif, tubuh akan kehilangan kemampuan untuk mengubah lemak menjadi energi, sehingga akhirnya lemak disimpan dan menumpuk. Lemak tersebutlah yang mengakibatkan tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Memiliki Berat Badan Berlebih (Obesitas)

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas akan lebih rentan menderita kolesterol tinggi jika dibandingkan orang dengan berat badan ideal yang stabil. Lemak yang terakumulasi pada orang obesitas menurunkan kemampuan tubuh untuk mengeliminasi lemak dalam pembuluh darah.

  • Kebiasaan Sering Merokok

Aktif merokok bisa mengakibatkan naiknya kadar kolesterol jagat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya zat akrolein yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dengan cara menghalangi kerja enzim yang bertanggung jawab untuk menjaga kadar LDL agar tetap pada batas normal.

Tidak hanya karena kebiasaan buruk yang dilakukan, kolesterol tinggi juga bisa terjadi karena adanya penyakit dalam tubuh yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Beberapa penyakit itu diantarnya : diabetes, hipertensi, gangguan liver, masalah ginjal, dan kelenjar tiroid.

Bagi orang dengan beberapa riwayat penyakit tersebut perlu segera melakukan pemeriksaan darah guna untuk mengetahui seberapa tinggi kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga Anda dapat segera melakukan penanganan dengan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *